Travel

Sekilas Tentang Tiket Kereta Api Solo Jakarta

Dahulu mendapatkan tiket kereta api Solo Jakarta sangat sulit karena belum banyak situs atau aplikasi yang memfasilitasi penjualan tiket online. Kini hampir seluruh marketplace menawarkan tiket KA online, belum lagi situs dan aplikasi baru yang juga menawarkan fasilitas yang sama.

Sekilas tentang tiket kereta api Solo Jakarta

Mereka yang tinggal di Jawa Tengah dan sekitarnya mayoritas memiliki impian untuk datang ke Jakarta. Entah untuk mencari pekerjaan atau alasan lainnya. Sebelum Anda mengemas koper dan berangkat, ketahui terlebih dahulu informasi menarik seputar tiket KA Solo Jakarta di bawah ini:

  1. Durasi Perjalanan

Perjalanan dari Solo ke Jakarta tidak selama perjalanan dari Jawa Timur. Jika Anda bepergian bersama teman atau saudara, manfaatkan perjalanan panjang selama 8-9 jam untuk beristirahat. Atau lakukan kegiatan lain yang produktif seperti membaca buku.

  1. Jumlah Keberangkatan

Dalam satu hari penuh, perjalanan KA dari arah Solo ke Jakarta terbagi dalam 4 perjalanan. Dan seluruh perjalanan tersebut menggunakan fasilitas KA kelas ekonomi.

  1. Kisaran Harga Tiket

Bicara tentang harga tiket kereta api Solo Jakarta tidak begitu mahal. Perkiraan harganya mulai dari Rp 80.000 – Rp 220.000 atau lebih jelasnya Anda bisa cek di sini.

Beberapa stasiun kereta api Solo Jakarta

  • Stasiun Solo Balapan

tiket kereta api solo jakarta

Dikenal sebagai stasiun termegah di Kota Solo yang posisinya berada di Jln. Wolter Monginsidi 112 Kestalan, Banjarsari, Surakarta. Stasiun ini dibangun di atas pacuan kuda Mangkunegaran. Proses konstruksinya dilakukan di abad ke-19.

Stasiun ini beroperasional secara umum untuk pertama kalinya pada Februari 1870. Salah satu fasilitas unik yang bisa Anda temukan dari Stasiun Solo Balapan adalah fasilitas skybridge yang terhubung langsung dengan terminal bus.

  • Stasiun Jebres

Selain pergi dari Stasiun Solo Balapan, warga solo asli atau pelancong yang kembali ke Jakarta akan memilih Stasiun Jebres sebagai alternatif kedua. Stasiun ini terletak di Jln. Ledoksari Utara Nomor 1, Purwodiningratan, Jebres, Surakarta.

Stasiun ini dibuka pertama kali tahun 1884. Memiliki tampilan arsitektur yang sangat mewah dengan ciri khas Indische Empire.

  • Stasiun Pasar Senen

Sebelum menentukan stasiun pemberhentian KA jurusan Solo Jakarta. Perhatikan terlebih dahulu promo tiket kereta api Solo Jakarta yang ditawarkan. Karena stasiun Jakarta yang menyediakan akses KA dari Solo bukan hanya Stasiun Pasar Senen saja.

Stasiun Pasar Senen merupakan stasiun yang paling aktif di Jakarta. Berada di kawasan Jakarta Pusat tepatnya di Jln. Stasiun Pasar Senen No.14. Fasilitas yang ditawarkan stasiun ini sangat modern bahkan tersedia pula counter check-in boarding pass.

  • Stasiun Gambir

Merupakan stasiun terbesar di Jakarta berada persis di Jln. Medan Merdeka Timur No. 19-27, Jakarta Pusat. Stasiun ini beroperasi sejak 1930-an dan masih aktif hingga saat ini. Sebelum melayani rute perjalanan Solo Jakarta, Stasiun Gambir paling sering memfasilitasi perjalanan Bandung Surabaya.

Perubahan yang terjadi pada Stasiun Gambir sangat beragam. Perubahan terbesar terjadi pada tahun 1917, di mana konsep stasiun diolah menjadi art deco. Sehingga terkesan lebih estetik dan unik, tidak hanya berfungsi sebagai stasiun kereta api pada umumnya. Tapi juga dimanfaatkan sebagai tempat wisata.

Itulah jenis-jenis stasiun keberangkatan dan pemberhentian terakhir dari Solo ke Jakarta. Anda yang belum mengenal Jakarta sama sekali, wajib memperhatikan profil dari dua stasiun tersebut. Meskipun sama-sama berada di Jakarta Pusat, kedua stasiun memiliki sejumlah perbedaan yang sangat mencolok.

Sedangkan untuk pemesanan tiket, alangkah baiknya jika dilakukan jauh hari secara online. Sehingga Anda bisa melakukan pengecekan secara berkala, kapan tanggal pastinya tiket kereta api Solo Jakarta tersedia.