Bisnis, Travel

4 Jasa Transportasi Online di Indonesia yang Paling Populer

Berbagai moda transportasi berbasis online di Indonesia semakin menjamur dan banyak diminati di masyarakat. Tidak hanya di kota-kota besar, sekarang banyak juga ojek online yang sudah memasuki daerah-daerah. Persaingan berebut pasar transportasi online mulai terasa dibisnis yangf mengandalkan kepraktisan, efektif dan kemudahan.

Berikut ini adalah sejumlah layanan moda transportasi via online (aplikasi) yang tengah berkembang di Negara Indonesia.

Go-Jek

Perusahaan ojek online yang bernama PT Go-Jek Indonesia ini sudah berdiri sejak tahun 2010 di Jakarta. Saat ini, CEO Go-Jek dijabat oleh Kevin Aluwi dan Andre Soelistyo yang menggantikan Nadiem Makarim sebagai CEO pertama sekaligus pendiri pertama PT Go-Jek Indonesia.

Go-Jek melayani berbagai penawaran dari mulai ojek dan kirim makanan atau kurir dengan tarif berdasarkan kilometer yang terjangkau. Sejauh ini perusahaan milik anak bangsa ini sudah memiliki kurang lebih 20.000 mitra ojek online. Semua mitra tersebut sudah tersebar di berbagai daerah di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, Bali, Makassar dan Kota-kota besar lainnya.

GrabBike

Selain Go-Jek, layanan transportasi online lain yang juga tersebar di Indonesia ini sangat banyak di minati. Perusahaan yang di dirikan oleh Anthony Tan Tan Hooi Ling ini sudah berdiri sejak Mei 2015 di Malaysia. Sebenarnya sistem kerjanya sama dengan Go-Jek, yaitu calon penumpang memesan ojek/pesan makanan/kurir melalui aplikasi.

Grabbike sendiri menerapkan bagi hasil keuntungan 90% untuk mitra pengendara dan 10% untuk perusahaan GrabBike. Anda bisa mendapatkan aplikasi GrabbBike dengan mengunduh di aplikasi PlayStore, iOS dan Windows.

Center Travel

Tak kalah dengan moda transportasi online yang sudah berdiri dan berkembang di Indoneisa. Center travel melayani jasa travel antar kota dan antar provinsi, mulai dari Jakarta, Bandung, Jogja, Semarang, Surabaya, dan Malang. Jadi ketika Anda sedang ingin berpergian ke Kota-kota diatas bisa memesan travel via aplikasi (online) ataupun telepon. Anda akan dijemput dialamat dan diantarkan sampai tujuan.

Uber

Perusahaan layanan moda transportasi online ini sudah terlebih dahulu berdiri sebelum adanya Go-Jek dan GrabBike di Indonesia, yaitu pada tahun 2009 yang berpusat San Francisco, Amerika Serikat. Uber hadir dengan tujuan memudahkan calon penumpang untuk mengakses dan memberikan banyak pilihan kepada penumpang.

Sejak berdirinya Uber hingga saat ini sudah tersebar di ratusan kota di 59 negara di dunia. Di Indonesia sendiri uber telah hadir di Jakarta, Bandung dan Bali.